Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober, 2023

Menganalisa Tangible, Intangible dan Persepsi Warna Dalam Karya yang ada di sekitar kita.

Gambar
Sebelum kita mengenal tangible dan intangible dalam sebuah karya, alangkah baiknya kita mengenal tangible dan intangible nya terlebih dahulu. Tangible seperti yang kita ketahui adalah sebuah perasaan yang dapat kita rasakan dan kita sentuh, dan tangible sendiri memiliki bentuk atau wujud yang memiliki sifat dapat kita nikmati atau kita rasakan oleh indra perasa, seperti halnya seperti gedung, meja, kursi, dan lainnya. Tangible sendiri merupakan diambil dari bahasa inggris yang berasal dari kata “tangere” yang memiliki arti menyentuh atau meraba, sedangkan intangible merupakan kebalikan dari tangible yang dimana intangible merupakan suatu rasa yang hanya dapat dirasakan, tetapi tidak dapat disentuh secara fisik atau indra perasa lainnya. Di dalam sebuah karya seni, hubungan antara tangible dan intangible itu ada karena pada dasarnya sebuah karya seni yang dibuat oleh seorang seniman telah memiliki sebuah rasa atau pesan yang ingin ditampilkan dan ditunjukan kepada audience. Oleh kar...

Miss Persepsi dalam Iklan "Selalu tau musik dengan Google"

Gambar
Mispersepsi sendiri secara mudahnya adalah kesalahan penyampaian sebuah informasi terhadap audience sehingga audience menerima informasi yang kurang sesuai atau salah. Didalam komunikasi visual mispersepsi sering terjadi dan tergolong hal yang lumrah. Karena pada dasarnya mispersepsi dua pandangan dalam penggunaannya yaitu hal positif dan negative. Dalam hal positif yang dapat diambil terhadap mispersepsi adalah bagaimana sebuah visual atau dalam sebuah iklan, mispersepsi digunakan sebagai sebuah pancingan atau sebuah ide kreatif yang dapat dikembangkan yang membuat audience merasa betah untuk melihatnya tanpa tau bahwa yang mereka lihat terdapat sebuah iklan didalamnya. Hal tersebut terbukti berhasil dan sudah banyak diaplikasikan didalam sebuah iklan-iklan yang kita lihat di televise atau billboard Tetapi selain hal positif yang dapat diambil, mispersepsi juga memiliki hal negatif yang harus diperhatikan, karena salah-salah dalam mispersepsi bisa berbeda juga pandangan audience t...